Keberuntungan Ramadan yang Tak Terduga

Keberuntungan Ramadan yang Tak Terduga
Random Coffee

"Selamat ya, Mas!" ujar barista itu menyelamati.

"Ini beneran, Mas?" sahut saya seakan gak percaya.

"Iya beneran, masak saya bohong, lumayan dapat diskon 3 ribu rupiah, jadi cukup bayar 12 ribu aja, Mas" ujarnya sambil menyerahkan pesanan saya.

obrolan ini baru aja terjadi tadi malam. di sebuah kedai kopi yang baru buka di bilangan Jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan. Jadi, setelah ngabuburit bareng istri, pas di perjalanan pulang ketemu Kedai Kopi di pinggir jalan. Namanya Random Coffee. desain kedainya unik dari kontainer bekas yang dimodifikasi. Ornamennya dibuat minimalis, ditambah aksen khas lampu kuning temaram yang kekinian.

"Mampir dulu, yuk" ajak saya ke istri.

"Boleh, tapi kamu aja ya, aku kan gak terlalu suka kopi" kata istri.

"Oke deh, Siap" kata saya semangat. maklum, udah sejak lockdown, saya lama banget gak minum kopi. walaupun memang bukan sejatinya penikmat kopi. 

"Malam, Mas, Mau pesan apa?" tanya barista itu ramah.

"Es kopi klasik ya, tapi gulanya dikit aja" ujar saya.

Di menu ada 4 pilihan kopi. Kopi Random, Kopi Karamel, Kopi Klasik, dan satunya, duh saya lupa. pokoknya ada 4 varian. hehe. 

"Siap mas, ditunggu ya, sembari menunngu bisa ikutan wheels of fortune dulu, siapa tau dapat gratis kopi" tawar mas-mas baristanya

"Apaan tuh?" tanya saya.

"Ini mas, silahkan diputar, dimana rodanya berhenti, disitu dapat hadiahnya" tunjuknya sembari memperlihatkan sebuah kayu bulat kecil kaya permainan roda hadiah di TV dulu.

"Wah, boleh juga nih, kucoba ya" sahut saya semangat.

walaupun semangat, saya sebenarnya punya kesan gak enak soal undian doorprize atau yang berbau keberuntungan.

kayaknya sejak kecil, saya sekeluarga gak pernah sekalipun dapat hadiah dari undian. dari mulai acara jalan santai 17 an, HUT Kota, bahkan sampai acara kantor Abah sayapun gak pernah ada satupun nomor undian doorprize yang nyantol, walaupun udah bawa dapat jatah segambreng kupon undian. kayaknya ya, memang gak ditakdirkan dapat hadiah-hadiah. kayak semacam dikasih insight, kalo mau sesuatu ya jangan ngarep dari keberuntungan, deh, mending kerja aja. hehe.

saya awalnya gak percaya, masak iya ada orang yang memang ditakdirkan gak beruntung dapat hadiah jackpot atau apapun namanya, aneh tapi nyata kejadian ini menimpa saya beberapa waktu yang lalu.

jadi ceritanya saya ikut acara komunitas blog. acara ini disponsori oleh sebuah provider telekomunikasi. "Wih, kalo udah ada sponsornya gini, biasa banyak dooprizenya nih" gumam saya. benar aja, saat registrasi, setiap peserta yang dhadir diberikan 1 kupon doorprize. saya tulis nama saya besar-besar "ADHIN". harapannya, pembawa acara bakal salah saat bacain nama saya saat pengundian doorprize. Acara berlangsung meriah. sampai akhirnya tiba di waktu yang ditunggu. pembagian doorprize. Hadiah utamanya Smartphone 4G. satu demi satu nama pemenang disebut, tapi dasarnya gak hoki, ya seperti biasa nama saya gak pernah kesebut. "ah, kupon saya keselip kali ya" hibur saya dalam hati. lama-lamamutung juga.

Akhirnya saya pulang sebelum acara  berakhir. kesal. pas di perjalanan pulang, hape saya bergetar. gak saya angkat, ya paling nomor gak penting, atau agen asuransi. setelah sampai rumah, saya cek ada 5 panggilan terjawab.ternyata  dari teman yang ikut acara blog juga. saya telpon balik

"Ada Apaan, cuy?" tanya saya

"Din, di mana, kamu? tanya dia balik.

"Ya di rumahlah, kenapa sih?" tanya saya agak kesal.

"tadi namamu disebut 3 kali, tapi ya karna gak ada, ya,  gugur"

"Gugur?, maksudnya apaan, sih?"

"Wah ini anak, tadi harusnya kamu dapat doorprize Smartphone, Cuk!"

"Hah!" saya beneran kaget. berasa gak nyangka. seakan pintu keberuntungan itu akhirnya mulai terbuka, walaupun kemudian kembali tertutup. ya karena saya gak sabar, saya gak dapat doorprize. atau memang itu artinya, saya gak beruntung. ya sudahlah.

nah, ini saya kembali mencoba peruntungan, ya dari Wheels of fortune di Random Coffee.

saya putar roda itu satu kali. roda melambat, lalu berhenti. tertulis "COBA LAGI"

"maksudnya apa, Mas?"

"ya diputar lagi, Mas" jawab mas barista sambil menyiapkan pesanan saya.

Aduh, ini beneran deh, paling ujung-ujungnya dapat Zonk. tapi gak apa-apa deh, kucoba lagi.

saya putar rodanya agak cepat. berputar....berputar...melambat, lalu berhenti. kembali di tulisan "COBA LAGI".

"Apaan sih ini?!" sahut saya dalam hati geregetan.

Oke, kali ini, kalo zonk lagi, udah deh, memang saya gak beruntung. itu aja.

Saya putar lagi roda itu. agak sedikit merem. roda itu kembali berputar cepat, lalu melambat dan berhenti di tulisan "DISKON 3 RIBU"

"Selamat ya, Mas!" ujar barista itu menyelamati.

"Ini beneran, Mas?" sahut saya seakan gak percaya.

"Iya beneran, masak saya bohong, lumayan dapat diskon 3 ribu rupiah, jadi cukup bayar 12 ribu aja, Mas" ujarnya sambil menyerahkan pesanan saya.

'Wah, makasih ya, Mas?!" kata saya kegirangan.

ia juga girang walaupun mungkin sedikit heran. ini orang baru dapat diskon 3 ribu doang kok heboh banget.hehe.

ini beneran keberuntungan Ramadan yang tak terduga, deh. Bisa jadi menurut sebagian orang 3 ribu bukan apa-apa, tapi itu berarti bagi saya, setidaknya, dari 3 ribu ini, pintu keberuntungan itu sedikit demi sedikit terbuka, dimulai dari Random Kopi.

Besok coba lagi, Ah, siapa tau dapat gratis kopi. hehe.