Keluarga Cover Boy

Keluarga Cover Boy
Keluarga Cover Boy
Keluarga Cover Boy
Keluarga Cover Boy
Keluarga Cover Boy
Keluarga Cover Boy
Keluarga Cover Boy
Keluarga Cover Boy

Beberapa teman mengeluh ke saya katanya tulisannya udah setahun gak selesai-selesai. Alesannya kurang data atau gak tau lagi nulis apa. OK, di tulisan kali ini, saya mau berbagi pengalaman tentang bagaimana menulis yang mudah dan menyenangkan. Dan caranya sederhana banget. 

Pertama, tulislah sesuatu yang paling kita kuasai. Jadi kalo kalian jagonya tentang kopi, misalnya. Tulislah artikel seputar kopi. Kalo mau nulis novel, jadikan tokoh utamanya seseorang yang hobbynya soal kopi. Ada dua keuntungan dari metode ini, yaitu selain memperkuat karakter Si Tokoh, tulisan kalian akan sangat believable karena tokoh utamanya terlihat sangat menguasai tentang perkopian.

Dulu ada penulis perempuan namanya Marga T. Kalo bikin novel tokoh utamanya hampir selalu seorang dokter. Awalnya saya kagum kok penulis ini bisa menerangkan dengan detil seputar kegiatan medikal di rumah sakit dan tentang obat-obatan. Belakangan saya baru tau ternyata penulisnya juga seorang dokter.  

Kedua, tulislah artikel tentang seseorang yang kita paling kenal. Daripada nulis cerita tentang orang-orang terkenal, lebih baik kita menulis tentang keluarga kita sendiri. Kita pasti jauh lebih mengenal ayah kita, ibu kita, isteri kita dan anak-anak kita. 

Ada dua keuntungan dari metode ini, yaitu kita jadi gampang menulisnya karena kita sangat mengenal semua tokohnya yang nota bene adalah keluarga kita. Selain itu kita bisa membahagiakan mereka. Ya iyalah, pastinya mereka seneng banget mengetahui kisah mereka diabadikan dalam sebuah buku, bukan? 

Nah kalo mau ngebahagiain orang sebaiknya jangan tanggung-tanggung. Untuk cover bukunya, sekalian aja keluarga kita tersebut dijadikan modelnya. Coba perhatikan lima buku yang saya tulis ini. Perhatikan covernya dan siapa saja yang jadi modelnya? Ada Ayah saya, isteri saya dan anak saya semua pernah menjadi cover buku saya. Hehehehe....

Tanpa bermaksud songong, saya cuma mau bilang bahwa keluarga kami adalah keluarga cover boy. Hahahahahaha.....

 

 

____________________________

Note: Jadi kapan kalian mau mulai menulis? Kalo rasanya masih ada kendala, yuk ikutan workshop kelas WAG The Writers? Kelas akan dimulai tanggal 8 Juni 2021, setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis, 8 kali pertemuan dari jam 8 sampe jam 10 malam.

Kelas adalah batch 15 dari The Writers dan akan dimentori oleh Kang Asep Herna  dan Om Bud. Bagi yang berminat, silakan daftar ke management The Writers Kak Devina di no WA 0811-877-4466. Daftar segera. Bayar seikhlasnya.