Ngisinger: Kanal Lagu Satire

Kita bisa meraba-raba maksud humor di balik konten-konten itu dengan mamaknai nama kanalnya. ngiSINGER berasal dari kata ngising (berak dalam bahasa Sunda) dan singer (penyanyi).

Ngisinger: Kanal Lagu Satire

ngiSINGER adalah sebuah kanal YouTube yang mulai aktif sejak 21 Maret 2020, dibuat oleh salah seorang pegiat teater di Bandung. Dalam video-video musik (cover) yang dibuatnya ia kerap menghadirkan satire, pertemuan antara tragedi dan komedi. Ketika larut dalam alunan lagu, kita bisa tiba-tiba tertawa oleh komedi yang muncul tanpa terduga.

Komedi itu terkadang muncul dalam bentuk visual seperti gimik wajah, kru yang bocor, bahkan bisa berasal dari nada-nada fals. Perfeksionisme seakan diolok-olok. Mungkinkah di sini kita diingatkan, bahwa kreativitas kadang-kadang dihakimi sebagai kesalahan? Apakah kesalahan itu juga bisa mengingatkan kita pada sisi manusia yang tidak mungkin betah untuk selalu perfeksionis semacam software komputer, atau mesin-mesin mekanik. Itu sebabnya aturan ketat selalu ingin dilanggar?

Kreator-kreator di internet tidak sedikit yang merepresentasikan diri sebagai manusia baik, pintar, sempurna, dan sifat-sifat lain yang diidealkan tapi dalam hidup nyata sulit sekali diwujudkan. Kehadiran ngiSINGER seperti membawa kesadaran kita yang tengah melayang-layang di alam maya untuk sejenak memikirkan kehidupan yang sebenarnya, yang bobrok, kejam, banal, syarat kekeliruan, dan jauh dari ideal-ideal.

ngiSINGER juga bisa jadi pembanding hari ini. Di tengah pandemi Covid-19, terutama dengan adanya ancaman virus baru yang disebut varian Delta itu, ambulan meraung-raung setiap hari, kabar buruk berdatangan dari orang terdekat, rumah sakit dan pemakaman khusus korban Covid penuh sesak, ekonomi negara ambruk. Tragedi itu ternyata malah mengantar kita pada komedi, misalnya, di instagram muncul video JRX (Jerinx) yang dengan ringan mengatakan Covid hanya akal-akalan (konspirasi), dan dengan wajah heroik menyebut Covid sebagai konspirasi para penguasa. Tawa kita bisa semakin keras karena video tersebut nyatanya disukai banyak orang. Apa kabar Homo Sapiens (Makhluk Bijaksana)? Tawa kita kadang-kadang tidak bisa lepas.

Pembuat ngiSINGER adalah pegiat teater, lebih jauh pernah juga menekuni longser, yaitu teater tradisi masyarakat Sunda yang mengeksplorasi humor. Isinya seperti cerita-cerita Si Kabayan yang tidak kehabisan akal agar kita bisa tertawa, sekalipun kehidupan terasa berat, banal dan kejam. Komedi adalah penyeimbang dari tragedi, dan sebaliknya. Apakah itu sebabnya humor-humor dalam konten ngiSINGER bukan humor yang bisa membuat kita terawa lepas?

Kita bisa meraba-raba maksud humor di balik konten-konten itu dengan mamaknai nama kanalnya. ngiSINGER berasal dari kata ngising (berak dalam bahasa Sunda) dan singer (penyanyi).