Seri Wawancara Voice of Baceprot (VoB): Literasi Sastra dan Musik

Seri Wawancara Voice of Baceprot

Seri Wawancara Voice of Baceprot (VoB): Literasi Sastra dan Musik

Seri Wawancara Voice of Baceprot (VoB): Literasi Sastra dan Musik

1. Firda (vokal cum gitar): Literasi Sastra dan Musik

2. Widi (bas): Perbedaan dan Kenikmatan

3. Siti (drum): Dari Entakan Drum ke Kebebasan

4. Ersa (penulis lirik cum penasihat abadi): Di Balik Proses VoB

 

Tentang VoB

Bagian 1. Pradewi TC (Editor Marjin Kiri): Perempuan dan Buku

Bagian 2. Syarif Maulana (Filsuf 4.0): Musik dan Pikiran

Bagian 3. Feby Indirani (Feminis Muslim): Perempuan Merdeka Seutuhnya

Bagian 4. M Faizi (Penyair dan Kyai Madura): Musik dan Pandangan Islam

Seri wawancara ini saya rencanakan sejak kepindahan VoB dari Singajaya, Garut, ke ibu kota, Jakarta, pada akhir tahun 2020 silam. Awalnya pengen nulis buku naratif yang tidak perlu melibatkan sekaligus merepotkan banyak orang. Tapi apalah daya. Lagi pula kerja kolaboratif, selain meringankan beban, bisa sekalian silaturhami juga.

Narasumber terlibat, di luar VoB, selain pegiat dan apresiator musik, adalah pegiat buku dan sastra. (Saya haturkan terima kasih pada setiap narasumber yang berkenan meluangkan waktu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kadang tidaklah terlalu penting).

Seri wawancara ini melibatkan pegiat buku dan sastra, karena proses kreatif VoB dipengaruhi teks-teks fiksi, terutama prosa. Saya sendiri pertama kali bertemu dengan VoB di kegiatan literasi, di Komunitas Ngejah

Membaca rupa-rupanya memang bermanfaat sangat. Apalagi di bulan puasa yang penuh ramhat. Dengan membaca kita bisa dapat informasi, mungkin juga pahala kalau tulus, mungkin juga (teks) bisa jadi obat tidur yang luar biasa mujarab.

Konon, membaca lebih baik daripada godin (batal puasa). Sekalipun efeknya sama-sama bisa bikin ngantuk, lalu bermimpi atau masuk ke dunia imajiner, yang bisa lebih tanpa batas dari dunia virtual.

Dan ada beberapa wawancara lagi, sebetulnya, yang masih dalam proses. Salah satu di antaranya wawancara atau obrolan ringan tapi intim dengan ... rahasia.

Salam sayang.

HumaNiniNora.